Laman

Sabtu, 04 April 2009

Pohon Kelapa Ambruk Menimpa Jaringan Kabel PT. PLN  Posko Satlak PBP Segera Melakukan Penanganan Di Lapangan



Bencana angin kencang yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar kembali mengakibatkan serangkaian kerusakan. Dari pemantauan posko satlak penanggulangan bencana pada hari Selasa (3/2) malam, dua buah baliho caleg yang berderet di sepanjang ruas jalan veteran terpantau dalam kondisi terpelanting. Sementara itu, di ruas pesisir pantai Jl. Soekarno Hatta angin kencang sempat mengakibatkan rusaknya pagar tanaman cemara laut milik Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemadam Kebakaran.
Lebih jauh, angin kencang yang disertai badai gelombang pasang juga mengakibatkan nyaris tertutupnya ruas jalan Soekarno Hatta, setelah sampah-sampah kiriman yang dihempaskan gelombang laut memenuhi bahu jalan. Termasuk di seputaran terminal pasar Sentral Benteng Selayar.
Menindak lanjuti peristiwa tersebut, Sekretaris Posko Satlak Penanggulangang Bencana Kabupaten, Drs. Hizbullah Kamaruddin telah meneruskan laporan kejadiannya kepada Instansi tekhnis Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran untuk mendapatkan tindakan penanganan seperlunya.
Kondisi terparah terjadi di ruas Balang Sembo, Kelurahan Putabangung, Kecamatan Bontoharu, menyusul ambruknya pohon kelapa salah seorang warga masyarakat yang sempat menimpa jaringan kabel PT. PLN Cabang Selayar dan mengakibatkan putusnya jaringan kabel PT. Telkom Kancatel Selayar, pada hari Selasa (3/2) sekitar pukul 22. 00 WITA.
Selain merusak jaringan kabel PT. PLN dan PT. Telkom Kancatel Selayar angin kencang juga sempat memicu ambruknya tiang jaringan PT. Telkom Kancatel Selayar yang terletak tidak jauh dari TKP ambruknya pohon kelapa.
Akan tetapi, menurut keterangan warga di sekitar TKP, peristiwa ambruk dan putusnya jaringan kabel PT. Telkom Kancatel Selayar ini sudah mendapatkan penanganan lebih awal dari instansi tekhnisnya tepat pada malam kejadian.
Melihat peristiwa itu, personil posko satlak yang secara kebetulan melintas di ruas jalan tersebut langsung melakukan koordinasi dengan pihak PT. PLN Cabang Selayar untuk tindakan penanganan lebih lanjut. PT. PLN sendiri didampingi personil posko satlak, usai menerima laporan langsung turun ke lapangan untuk mengadakan serangkaian kegiatan penanganan seperlunya.
Alhasil, berkat adanya kerjasama yang baik antara Posko Satlak, PT. PLN dan warga masyarakat di sekitar TKP, tepat pukul 09.07 WITA penanganan masalah dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. Setelah pohon kelapa yang menimpa jaringan kabel PT. PLN berhasil dipangkas dengan menggunakan mesin gergaji dan selanjutnya disingkirkan dari bahu jalan. Tidak berselang lama kemudian, sekitar pukul 09.00 hari Rabu (4/2) pagi, musibah angin kencang juga sempat merobohkan salah satu pagar rumah pemukiman warga di sekitar TKP. Hingga akhirnya, peristiwa ini berujung pada terjadinya kemacetan arus lalu lintas di sekitar TKP disertai dengan pemadaman aliran listrik.
Usai melakukan penanganan, personil posko satlak langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Lingkungan Balang Sembo untuk proses pembuatan laporan kejadian secara tertulis kepada Posko Satlak Kabupaten.
Dan hasilnya, sebelum personil posko Satlak meninggalkan lokasi kejadian, Kepala Lingkungan Balang Sembo telah menyelesaikan proses pembuatan laporan tertulisnya, yang antara lain berisikan laporan kejadian peristiwa berikut laporan keberadaan 9 batang pohon kelapa lainnya, yang dalam musim barat ini dinilai sangat rawan bakal menimpa rumah pemukiman warga mau pun jaringan kabel PT. PLN. Laporan ini, selanjutnya akan disampaikan kepada Posko Kelurahan, sebelum kemudina ditembuskan ke Posko Satlak Kabupaten.(Laporan : Fadly Syarif)

Tidak ada komentar: