Laman

Sabtu, 04 April 2009

Pemkab Kepulauan Selayar Matangkan Persiapan Penanggulangan Bencana



Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Syahrir Wahab, MM bertempat di Aula Rumah Jabatan Sapolohe (27/12) kemarin, berkenan memimpin langsung jalannya pertemuan dengan para Kepala SKPD dan personil Posko Badan Sar Nasional Kabupaten Selayar. Pertemuan ini kata Kabag Humas Pemkab Selayar, Atjo Patimbangi, Bsw dimaksudkan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan akan terjadinya dampak bencana alam, khususnya yang diakibatkan oleh gelombang pasang air laut dan tingginya curah hujan pada musim barat tahun 2009 ini.
Dalam arahannya, Syahrir Wahab menginstruksikan para Kepala SKPD dan Camat untuk senantiasa tanggap dan sigap dalam mengantisipasi terjadinya bentuk kerugian material di masyarakat khususnya yang akan diakibatkan oleh tingginya curah hujan, gelombang pasang air laut (rob), angin kencang, longsor, banjir dan pohon tumbang yang kerap kali menimpa rumah pemukiman warga. Mengingat kondisi geografis daerah Kabupaten Kepulauan Selayar yang rawan bencana alam.
Terkait dengan hal tersebut, Syahrir Wahab memerintahkan para Kepala SKPD, Camat, dan Kepala Desa untuk secepatnya membuka posko penanggulangan bencana alam. Khususnya, pada titik-titik rawan bencana.
Selain itu, ia juga meminta para Camat dan Kepala Desa untuk melakukan survey pada titik-titik wilayah rawan bencana dengan membawa perlengkapan secukupnya, sesuai dengan bentuk kebutuhan.
Langkah ini dianggap penting untuk melakukan pengkajian lebih jauh guna memikirkan langkah-langkah kongkrit yang dibutuhkan untuk penanggulangan bencana pada wilayah tersebut.
Pada pertemuan tersebut, 11 orang camat yang terdapat di dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar juga berkesempatan menyampaikan laporannya terkait dengan titik-titik wilayah yang dianggap rawan bencana pada wilayah pemerintahannya masing-masing.
Penyampaian laporan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan langkah antisipasi dini dan penanganan awal terhadap segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam musim barat tahun 2009 ini.
Sementara itu, pada sela-sela pertemuan Dandim 1415 Selayar, Letkol CZI Mochamad Asrofi mengungkapkan, kesiapan dan dukungan jajarannya membantu Pemkab Kepulauan Selayar dalam melakukan langkah antisipasi penanggulangan dampak bencana yang sangat dimungkinkan untuk terjadi pada tahun 2009 ini.
Sebagai wujud nyata kesiapan pihaknya, ia telah memerintahkan seluruh jajaran Koramil dan Babinsa agar dalam melakukan penanggulanan bencana dalam wilayah tugasnya masing-masing jajaran Danramil dan Babinsa dapat senantiasa bahu membahu dan mengedepankan kerjasama dengan masyarakat. (*)

Tidak ada komentar: