Laman

Sabtu, 04 April 2009

Cari Korban Kapal Senopati Tim SAR Akan Sisiri Pesisir Pantai Barat Selayar

Tim SAR dan masyarakat pada dua kecamatan di Selayar akan melakukan penyisiran Pesisir Pantai Barat Selayar untuk melakukan pencarian korban Kapal Motor Senopati Nusantara.

Hal tersebut dilakukan setelah kemarin ditemukan dua jenazah, masing-masing berada di pinggir pantai Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai dan di perairan Desa Bonto Lebang, Kecamatan Bonto Haru. Demikian dikatakan Sekretaris Pelaksana Harian Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Pemkab Selayar, Hizbullah Kamarudin ketika dihubungi wartawan beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pada hari ini pihaknya akan melakukan penyisiran di pesisir pantai, terutama di dua kecamatan di Selayar. Selain itu, pihaknya juga akan menyisiri kecamatan daratan lainnya di Pesisir Barat Pantai Selayar.

Dalam pencarian tersebut, pihaknya akan menerjunkan Satlak Kabupaten, Unit Koperasi Kecamatan dan Satuan Hansip yang ada di desa tersebut. Rencananya pihaknya akan menyisiri sekitar 20 kilometer dari Kecamatan Bontomanae dengan Kecamatan Pesisir Barat di Kecamatan Bonto Haru.

Hizbullah juga menyampaikan kepada masyarakat yang tengah melaut agar memperhatikan keadaan sekitarnya. Ia mengimbau, jika para nelayan itu melihat mayat maka segera dilakukan evakuasi atau melaporkan kepada tim SAR terdekat.

"Selanjutnya kita akan secara bersama-sama mengevakuasi. Kalau pun ada yang di luar pinggir pantai yang tidak terlalu jauh atau yang bisa dijangkau dievakuasi ke darat," kata dia.

Ketika ditanya mengenai kondisi lokasi saat dilakukan pencarian, Hizbullah menuturkan, tidak ada kendala jika proses pencarian itu dilakukan di pinggir pantai. Namun jika pencarian dilakukan di perairan maka harus didukung oleh cuaca yang cerah.

Tidak ada komentar: