Laman

Sabtu, 04 April 2009

Menatap Indahnya Panorama Pasir Putih Pantai Baloiya

SELAIN kaya dengan biota lautnya, Kabupaten Selayar juga terkenal dengan keindahan pantainya. Gugusan pantai yang sebagian besar dihiasi dengan pasir putih itu, membentang dari ujung utara hingga ke selatan kabupaten kepulauan tersebut.Salah satu dari sekian banyak pantai yang menyimpan pesona alam pantai yang menggairahkan, yakni pantai Baloiya di Kecamatan Bontosikuyu. Bukan tanpa alasan orang tertarik ke Baloiya. Hamparan pasir putih nan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan pasir putih ini semakin memikat dengan air laut yang jernih.

Saking jernihnya air di sekitar pesisir pantai ini, ikan-ikan yang terkadang lewat pun tampak jelas berenang di dasar air. Pemandangan bawah laut ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka menyelam dan berpetualang di bawah laut.

Tak hanya sampai di situ, Baloiya juga menyimpan keindahan lain berupa goa alam dan pulau kecil. Juga tak ketinggalan, karang-karang besar yang berdiri kokoh di beberapa ruas pantai.

Tak terlalu sulit untuk ke Baloiya. Sebab jaraknya hanya sekira 9 km dari Kota Benteng serta bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Waktu tempuh dari Benteng, paling lama 30 menit.

Baloiya sendiri hingga kini menjadi pilihan rekreasi warga Selayar dan sejumlah warga dari Bulukumba, serta Sinjai.

"Tapi memang, yang lebih banyak datang adalah warga Selayar sendiri, khususnya dari Benteng. Mereka ada yang berenang atau menyelam," kata Iksan, salah seorang warga yang kebetulan sedang berekreasi di Baloiya, baru-baru ini.

Hanya saja, hingga kini, Baloiya belum bisa dimaksimalkan menjadi aset pariwisata oleh pemerintah. Masih ada beberapa bagian pantai yang tak terurus dengan baik. "Padahal di sini sangat indah. Kita bisa menyelam di air yang dangkal sambil melihat-lihat ikan," ujar pengunjung lainnya, Pardhi, yang mengaku hobi menyelam.

Tidak ada komentar: