Laman

Jumat, 29 Oktober 2010

RSUD Kepulauan Selayar Kembali Rawat Dua Pasien Diare



dr. Jaga UGD, Harap Lengkapi Status Pasien Baru
Lama tak terdengar kabar dari ruang instalasi gawat darurat RSUD Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan. Memasuki pekan ketiga bulan Oktober 2010 ini kasus diare kembali mengisi sedikitnya dua unit ruang kamar di instalasi gawat darurat.
Kendati, perawatan intensif terhadap kedua pasien bersangkutan belum dapat dikategorikan sebagai kejadian luar biasa (KLB, red) sepertihalnya yang terjadi pada beberapa pekan lalu. Penyebab diare ini sendiri, dipastikan hampir sama dengan kasus-kasus sebelumnya, yang diduga diakibatkan oleh faktor dehidrasi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tidak higienis.
Terkait kasus ini, serangkaian upaya konfirmasi langsung kepada tim medis RSUD Kabupaten Kepulauan Selayar, belum berhasil dilakukan. Pasalnya, para perawat dan tim dr yang bertugas di ruang instalasi gawat darurat telah tertidur pulas, saat wartawan media ini tiba di rumah sakit.
Kendati demikian, upaya konfirmasi kepada jajaran tim dr rumah sakit tidak serta merta dihentikan begitu saja. Hingga akhirnya, wartawan media ini berhasil mendapatkan selembar kertas berisi instruksi dari dr jaga ruang instalasi gawat darurat, yang di tanda tangani dr. Haeril Rifai.
Pada lembaran kertas yang terselip di bawah jepitan kaca meja perawat tersebut, dr. Haeril Rifai sangat jelas menekankan, “agar pada setiap pergantian shift, masing-masing dokter jaga yang bertugas di ruang instalasi gawat darurat dapat melengkapi status UGD, utamanya status pasien baru”.(fadly syarif)

Tidak ada komentar: