Laman

Senin, 06 April 2009

Selayang Pandang Selayar


Saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar terus berupaya mengembangkan sejumlah titik lokasi potensi wisata bahari. Dari sekian banyak potensi yang terdapat di daerah ini, Dinas terkait pun telah menetapkan kawasan Potensi Unggulan untuk sektor Diving, antara lain : Taman Nasional Laut Taka Bonerate, Pantai Timur Pulau Selayar, Pantai Barat Pulau Selayar dan Kawasan Taka Lambena.

Disamping juga terdapat sejumlah destinasi pendukung lain, seperti : Pantai (teluk dan pasir putih) sunrise, sunset, panorama alam, pegunungan dan air terjun. Termasuk didalamnya, obyek wisata budaya berupa kesenian tradisional daerah yang dibagi atas : tari pakarena batt-batti, rambang-rambang, a'dinging-dinging, & dide') Ditambah dengan dukungan situs sejarah/prasejarah seperti : benda cagar budaya berupa : gong nekara, jangkar raksasa,kapal karam, mesjid tua gantarang, pemukiman tradisional/khas kampung Bitombang, dan perkampungan nelayan padang.
Dalam rangka pengembangan potensi wisata daerah, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar belakangan,terus menggalakkan kegiatan pembangunan sarana akomodasi pariwisata lainnya. Seperti : Selayar Island Resort, Selayar Dive Resort, Wisma Tanadoang, Hotel Syafira, Jammeng Resort, Selayar Beach Hotel, Matalalang Cottage, Pondok Bonerate, Hotel Mustika, Hotel Berlian, Pondok Al Mahzan, Hotel Berlian 2, dan Hotel Harmita.
Pada Sektor transportasi Kabupaten Kepulauan Selayar dapat diakses dengan menggunakan beberapa sarana transportasi alternatif. secara reguler Selayar dapat diakses dengan menggunakan bus AKDP melalui Terminal Mallengkery pada setiap jam 08.00 sampai jam 09.00 pagi.
Dalam perjalanan menuju Ke Kabupaten Kepulauan Selayar, pengunjung akan di ninabobokkan dengan indahnya panorama alam Kabupaten Gowa, Takalar, Je'neponto, Bantaeng, dan Bulukumba.
Dari Kabupaten Kepulauan Bulukumba, perjalanan akan dilanjutkan dengan pelayaran melalui Pelabuhan Bira Bulukumba dengan menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar dengan lama perjalanan 90 menit
Dari Pelabuhan Pamatata, perjalanan akan berlanjut menuju Kota Benteng dengan lama perjalanan 60 menit.
Selain itu, Kabupaten Kepulauan Selayar kini juga telah dapat diakses melalui pemanfaatan jasa penerbangan udara, dari Bandar Udara Hasanuddin Kabupaten Maros, menuju Bandar Udara H. Aroeppala, Padang, Kabupaten Kepulauan Selayar selama 45 menit.

Tidak ada komentar: