Laman

Selasa, 24 November 2009

Tujuh Bulan Bersama Disduk Capil Menyongsong Sukses Pilkada Kabupaten Kep. Selayar



Antisipasi Masuknya Jaringan Terorisme Ke Selayar

Sukses Pilkada Kabupaten Kepulauan Selayar periode 2010-2015 tentu merupakan gambaran tolak ukur keberhasilan pembangunan daerah itu dalam kurun waktu lima tahun kedepan.
Dalam kaitan itu, belum lama ini Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar secara rutin terus menggencarkan operasi razia KTP terhadap warga masyarakat termasuk kepada para pendatang dari luar daerah.
Hal ini kata Kadis Disduk Capil, Nur Ali, SH sengaja dilakukan pihaknya sebagai salah satu langkah terobosan guna mensosialisasikan penyadaran kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh warga Bumi Tanadoang, selain juga dimaksudkan untuk mengantisipasi masuknya pelaku jaringan teroris ke Kabupaten Kepulauan Selayar
Dikatakannya, kegiatan razia kepemilikan dokumen kependudukan ini sengaja digencarkan jajaran Disduk Capil agar warga masyarakat dapat menanamkan kesadaran kepemilikan dokumen NIK Nasional.
Pasalnya, berdasarkan fakta yang terungkap pada pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pilpres lalu, masih sangat banyak penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar yang dijumpai belum memiliki dokumen NIK Nasional sebagaimana yang dimaksudkan pemerintah.
Lebih jauh Nur Ali mengungkapkan, meski jumlah penduduk yang terjaring razia hampir mencapai 400-an orang. Akan tetapi, sampai diturunkannya pemberitaan ini pemerintah belum juga menetapkan sanksi hukum bagi para pelanggar yang terjaring operasi rutin kepemilikan dokumen kependudukan tersebut.
Mereka yang terjaring razia, langsung digelandang ke Kantor Dinas Kependudukan & Catatan Sipil setempat untuk di data dan diberikan kelengkapan dokumen kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga.
Tak heran, bila setiap harinya Kantor Disduk Capil selalu ramai dan padat dikunjungi warga masyarakat yang akan mengurus kelengkapan dokumen kependudukan untuk mengantisipasi mereka terjaring razia yang digencarkan aparat terkait pada beberapa ruas-ruas jalan di daerah ini.
Sehingga dalam beberapa bulan kedepan, sebelum masa pelaksanaan Pilkada, catatan jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar diprediksikan masih akan terus mengalami pertambahan dan pemuktahiran dari data tahun-tahun sebelumnya. Termasuk rekaman tingginya catatan angka kematian penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar dalam beberapa bulan terakhir. Di mana, hal tersebut dipastikan akan sangat berpengaruh signifikan pada pengurangan dan pertambahan catatan jumlah wajib pilih menjelang dilaksanakannya pesta demokrasi pemilihan figur pemimpin Bumi Tanadoang kurun waktu lima tahun kedepan. (*)

Tidak ada komentar: