Laman

Senin, 14 Desember 2009

Posko Satlak PB Kepulauan Selayar Amankan Enam Pelampung


Salah satunya Milik Perusahaan TB. Pandu Surya-8 Samarinda
Laporan : Fadly Syarif
Bersamaan dengan masuknya bulan Desember tahun 2009. pekan ini tiga ring boy (pelampung keselamatan kapal, red) kembali ditemukan secara bersamaan terdampar di perairan laut Desa Appatanah, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.
Menanggapi informasi warga sekaitan dengan penemuan ketiga ring boy tersebut, Posko Satlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Kepulauan Selayar langsung meluncur ke TKP guna kepentingan evakuasi barang bukti ke posko kabupaten guna di adakan proses identifikasi lebih lanjut.
Meski dari hasil identifikasi sementara, pada salah satu ring boy berhasil ditemukan tulisan nama perusahaan pelayaran TB. Pandu Surya-8 Samarinda. Tidak sama halnya dengan dua ring boy lain yang diketemukan dalam kondisi tidak mencantumkan identitas perusahaan pelayaran sama sekali.
Setelah diamankan dari tangan warga masyarakat barang bukti berupa tiga buah ring boy kemudian dipersaksikan dihadapan Kepala Dusun Appatanah, sebelum kemudian dikoordinasikan dan diserah terimakan ke Pemerintah Kecamatan Bontosikuyu.
Dari Desa Appatanah, kegiatan penyisiran terus berlanjut ke Dusun Tongke-Tongke, tempat ditemukannya sebuah pelampung baju (life jacket) sekitar pukul 15.30 WITA Minggu (13/12) bertempat di pesisir pantai sebelah selatan.
Pada life jacket ini lagi-lagi tidak ditemukan adanya petunjuk nama perusahaan pelayaran. Namun demikian, penemuan life jacket di perairan Dusun Tongke-Tongke ini kian memperbesar keyakinan personil Posko Satlak Penanggulangan Bencana kabupaten untuk terus menyisir kawasan pantai Kecamatan Bontosikuyu.
Hasilnya, dua life jacket tanpa identitas kembali ditemukan di perairan Dusun Kayu Panda dalam kondisi mengapung. Mengakhiri kegiatan penyisiran, enam barang bukti yang berhasil ditemukan langsung di serahkan kepada Pemerintah Kecamatan Bontosikuyu yang diterima langsung Camat setempat, Andi Akhyadin, SH di rumah kediamannya di Jl. R.A Kartini Benteng Selayar.
Dalam sambutan penerimaannya Camat Bontosikuyu, Andi Akhyadin, SH menyatakan “bisa jadi ring boy ini ditemukan warga sesaat setelah terlempar dari kapal yang tidak tahan terombang-ambing di tengah amukan hantaman badai gelombang pasang.”
Terlebih lagi katanya, sampai sejauh ini pihaknya belum pernah menerima laporan penemuan korban kapal tenggelam dari warga masyarakat di sekitar wilayah kecamatan Bontosikuyu”.
Akan tetapi, Akhyadin berjanji untuk mulai mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya musim barat tahun 2009 ini. Baik itu, kecelakaan pelayaran mau pun menekan sedini mungkin terjadinya kerusakan rumah warga akibat hantaman badai gelombang pasang mau pun angin kencang.
Setelah diserah terimakan kepada Pemerintah Kecamatan Bontosikuyu, ke enam barang bukti langsung diantar ke Posko Satlak Penanggulangan Bencana Kabupaten untuk diamankan.
Sampai dengan diturunkannya berita ini total barang bukti pelampung yang berhasil diamankan Posko Satlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Kepulauan Selayar telah mencapai enam buah pelampung. (*)

Tidak ada komentar: