Laman

Selasa, 12 Mei 2009

Lima Tahun Mengawal Roda Pemerintahan Desa Nyiur Indah Bersama H. Andi Agus Dg. Taidi Dengan Segudang Program Pembangunannya


Mungkin tidak banyak figur pemimpin yang mampu menyamai kepribadian H. Andi Agus Dg. Taidi, Kades Nyiur Indah, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, terpilih yang dilantik dan diambil sumpahnya pada (6/8) 2008 kemarin.
Betapa tidak, ditengah kepa datan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Kepala Desa, dia tergolong sangat lihai dalam membagi waktu untuk keluarga dan masyarakat yang dipimpinnya sebagai perwujudan komitmen Pemerintah Desa dalam rangka menjawab berbagai bentuk persoalan yang selama ini menyelimuti masyarakat Desa Nyiur Indah dan sekitarnya. Diakui, H. Andi Agus Dg. Taidi, kalau selama ini memang ada beberapa persoalan yang oleh masyarakat dianggap penting dan sifatnya krusial untuk segera dituntaskan kaitannya dengan kepentingan masyarakat setempat.
Adapun persoalan tersebut diuraikan sebagai berikut : rencana pembangunan 3 (tiga) unit Pos Siskamling masing-masing untuk Dusun Bonelambere, Bonto Bakka dan Dusun Timur. rencana pembangunan gedung TK untuk Dusun Timur, rencana pembangunan gedung pertemuan serbaguna yang memungkinkan berlangsungnya beberapa bentuk kegiatan kemasyarakatan, seperti : Rapat Pemerintah Desa, Resepsi Perjamuan/Pesta Perkawinan, dan kegiatan olahraga jenis : Bulutangkis, Sepaktakraw, Tenis meja, dan Tenis lapangan.
Dikatakannya, rencana pembangunan gedung serbaguna ini sendiri diperkirakan akan menelan dana senilai + Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah). Disamping itu, atas desakan masyarakat, kedepan pihaknya selaku Pemerintah Desa rencananya juga akan segera menuntaskan sejumlah kegiatan proyek pembangunan phisik yang dipandang perlu mendapatkan skala prioritas untuk diselesaikan dalam waktu dekat.
Seperti diuraikan berikut ini : rencana penambahan panjang dermaga Dusun Bonelambere, pembangunan drainase Dusun Timur, pengaspalan ruas jalan poros Tenggara-Desa Nyiur Indah, Penuntasan jalan poros dermaga Ferry, pembangunan jalan setapak Bonto Bakka, pembagunan jalan tani sepanjang 30 kilo meter yang memungkinkan terbukanya akses jalan baru antara Desa Nyiur Indah menuju Pusat Ibukota Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate.

Terakhir, rencana pengadaan tenda terowongan berikut dengan kelengkapan kursinya. Dan bila tidak ada aral melintang, kesemua persoalan ini kata Dg. Taidi Insya Allah, akan dituntaskannya melalui usulan penyusunan Rancangan APBD Kabupaten Tahun Anggaran 2010 mendatang.
Setelah sebelumnya, ia juga telah berhasil menuntaskan dua kegiatan proyek phisik pada tahun Anggaran 2009, Kegiatan pertama yaitu : pembangunan 1 (satu) unit posyandu untuk Dusun Bonelambere dengan nilai anggaran sebesar Rp. 35.000.000,- (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah).
Akan tetapi, karena anggarannya belum dapat dicairkan, maka H. Andi Agus Dg. Taidi pun berinisiatif menggunakan dana pribadinya sambil menunggu proses pencairan anggaran yang hingga kini baru dibayarkan sebesar 30 % dari total jumlah anggaran Rp. 35.000.000,- Kegiatan kedua, lanjutan pembangunan gedung TK Dusun Bonelambere dengan nilai anggaran sebesar Rp. 24.000.000,- (Dua Puluh Empat Juta Rupiah) yang kini telah rampung 90 % dan tinggal menyisakan pekerjaan pemasangan pintu dan kaca ruangan.
Dalam kegiatan ini, Andi Agus lagi-lagi harus menggunakan dana pribadi. Mengingat, tertundanya proses pencairan anggaran untuk seluruh jajaran SKPD, Desa, Kelurahan dan Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Selayar, sementara setumpuk program kerja pembangunan phisik lain terpampang di depan mata, ujarnya menambahkan.
Pada sektor pertanian, belum lama ini pihaknya juga telah berhasil merintis kegiatan pembukaan lahan Demplot kacang tanah yang berlokasi di Desa Nyiur Indah dengan luas lahan 0,5 ha bekerjasama dengan petani setempat an. Jurdin.
Kegiatan ini mulai dirintisnya sejak (13/12) 2008 kemarin, dengan sumber dana BP Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar. Saat ini, pembukaan lahan demplot kacang tanah tersebut telah menunjukkan bukti nyata berkat bantuan tenaga penyuluh lapangan dari Dinas Pertanian Kabupaten dalam memberikan bimbingan kepada para petani, Disamping juga ditunjang oleh penggunaan pupuk masing-masing jenis : pupuk organik panen mas, 300 kg per satu seperdua ha, pupuk urea 25 kg per satu seperdua ha, pupuk Tes 50 kg per satu seperdua ha, dan pupuk profil merah 10 gram per 15 (lima belas) liter air.
Menutup perbincangannya dengan wartawan pekan ini, H. Agus Dg. Taidi dengan tegas mengungkapkan komitmennya, bahwa selama ia masih mengemban amanah sebagai Kepala Desa Nyiur Indah, maka selama itu pula, ia akan senantiasa siap untuk menyehatkan jalannya roda Pemerintahan Desa Nyiur Indah, Kecamatan Taka Bonerate, sebagai perwujudan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Meski harus diakui, bahwa dalam mengemban amanah sebagai seorang Kepala Desa dibutuhkan ketabahan dengan mengenyampingkan perasaan dongkol dikala menghadapi kritikan masyarakat.
Yah, setidaknya, itulah, prinsip dasar yang senantiasa dipegang erat seorang Dg. Taidi, sebagai salah satu kunci keberhasilan. Dan hal itu pula, yang membuatnya selalu merasa senang dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Kepala Desa. Karena dari jabatan Kades yang diembannya, kini, ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman baru.
Ada kebanggaan tersendiri yang dirasakan H. Andi Agus Dg. Taidi, atas kemampuannya didalam melanjutkan dan memberikan warna baru pada proses perjalanan Pemerintahan di desanya. Terlebih lagi, ia masuk sebagai Kepala Desa, tatkala Desa Nyiur Indah berada dalam masa transisi pemerintahan. (Fadly Syarif)

Tidak ada komentar: